Kamis, 24 Maret 2011

MODEL PENILIAN KELAS KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN TAMAN KANAK-KANAK PUSAT KURIKULUM BADAN PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL 2006

Daftar Isi
Halaman
Bab I PENDAHULUAN 2
A. Latar Belakang 2
B. Tujuan 2
C. Ruang Lingkup 3
D. Sasaran Pengguna Pedoman 3
Bab II KONSEP DASAR PENILAIAN 4
A. Pengertian Penilaian Kelas 4
B. Manfaat Penilaian Kelas 4
C. Prinsip-prinsip Penilaian Kelas 5
D. Rambu-Rambu Penilaian Kelas 5
Bab III PROSES PENILAIAN
A. Pemetaan Standar Kompetensi, Kompetensi Dasar,
Indikator dan Teknik Penilaian
6
B. Teknik Penilaian 10
C. Cara Penilaian 14
D. Langkah-Langkah Penilaian 14
Bab IV PELAPORAN HASIL PENILAIAN
A. Pengertian 17
B. Bentuk Pelaporan 17
C. Teknik Melaporkan Hasil Penilaian 17
Lampiran 18-30
Draf Model Penilaian TK. Bahan Uji Coba.Sept 2006 2
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional No. 20 tahun 2003 menyatakan
bahawa Pendidikan Nasional bertujauan untuk mengembangkan potensi peserta
didik agar mejadi manusia yang beriman dan bertakwa keada Tuhan Yang Maha
Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi
warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Taman Kanak-kanak
(TK) sebagai salah satu bentuk lembaga pendidikan usia dini pada jalur
pendidikan formal berbentuk Taman Kanak-kanak (TK), Raudlatus Athfal (RA)
atau bentuk lain yang sederajat.
Dengan diberlakukannya Kurikulum 2004 (Kurikulum Berbasis Kompetensi),
membawa implikasi terhadap model pendekatan pembelajaran dan teknik
penilaian. Penilaian terdiri atas penilaian eksternal dan penilaian internal.
Penilaian eksternal merupakan penilaian yang dilakukan oleh pihak lain yang
tidak melaksanakan proses pembelajaran dan dilakukan oleh suatu lembaga,
baik dalam maupun luar negeri dimaksudkan antara lain untuk pengendali
mutu. Sedangkan penilaian internal adalah penilaian yang direncanakan dan
dilakukan oleh guru pada saat proses belajar mengajar berlangsung untuk
menjaminan mutu pembelajaran.
Penilaian internal (internal assessment) yang dilakukan guru terhadap hasil
belajar anak bertujuan untuk menilai tingkat pencapaian kompetensi anak yang
dilaksanakan pada saat proses pembelajaran berlangsung dan akhir
pembelajaran.
Penilaian hasil belajar anak dilakukan oleh guru untuk memantau proses,
kemajuan, perkembangan hasil belajar anak sesuai dengan potensi yang dimiliki
dan kemampuan yang diharapkan secara berkesinambungan. Penilaian juga
dapat memberikan umpan balik kepada guru agar dapat menyempurnakan
perencanaan dan proses pembelajaran.
Penyusunan perencanaan, pelaksanaan proses, dan penilaian merupakan
rangkaian program pendidikan yang utuh, dan merupakan satu kesatuan yang
tidak bisa dipisahkan satu dengan yang lainnya. Untuk itu, perlu ada model
penilaian yang dapat dijadikan sebagai salah satu acuan atau referensi oleh
guru dan penyelenggara TK.
B. Tujuan
Pedoman Penilaian Kelas ini bertujuan untuk :
1. Memberikan orientasi baru tentang Penilaian Kurikulum Tingkat Satuan
Pendidikan kepada pendidik dan tenaga kependidikan.
Draf Model Penilaian TK. Bahan Uji Coba.Sept 2006 3
2. Memberikan wawasan secara umum tentang konsep penilaian yang
dilaksanakan pada tingkat kelas.
3. Memberikan rambu-rambu penilaian kelas.
4. Memberikan prinsip-prinsip pengolahan dan pelaporan hasil penilaian.
C. Ruang Lingkup
Ruang lingkup terdiri dari ruang lingkup pedoman dan ruang lingkup penilaian.
Ruang lingkup pedoman ini meliputi konsep dasar penilaian kelas, teknik
penilaian, pengelolaan hasil penilaian, serta pemanfaatan dan pelaporan hasil
penilaian. Sedangkan ruang lingkup penilaian mencakup dua bidang
pengembangan, sebagai berikut:
1. Bidang pengembangan pembiasaan meliputi nilai-nilai agama, moral, sosial
emosional, dan kemandirian.
2. Bidang pengembangan kemampuan dasar meliputi kemampuan berbahasa,
kognitif, fisik/motorik, dan seni.
D. Sasaran Pengguna Pedoman
Pedoman ini diperuntukkan bagi pihak-pihak berikut :
• Para guru di sekolah untuk menyusun program penilaian di kelas.
• Pelaksana pengawas pendidikan (pengawas dan kepala sekolah) untuk
merancang program supervisi pendidikan di sekolah.
• Instansi terkait di daerah yang membuat kebijakan dalam penilaian kelas
yang seharusnya dilakukan di sekolah.
Draf Model Penilaian TK. Bahan Uji Coba.Sept 2006 4
BAB II
KONSEP DASAR PENILAIAN
A. Pengertian Penilaian Kelas
Penilaian adalah suatu usaha mengumpulkan dan menafsirkan berbagai
informasi secara sistematis, berkala, berkelanjutan, menyeluruh tentang proses
dan hasil dari pertumbuhan dan perkembangan yang telah dicapai oleh
anakmelalui pembelajaran dan menginterpretasi informasi tersebut untuk
membuat keputusan-keputusan.
Penilaian dilakukan melalui langkah-langkah perencanaan, pengumpulan
informasi melalui sejumlah bukti yang menunjukkan pencapaian hasil belajar
anak didik, pelaporan, dan penggunaan informasi tentang hasil belajar anak
didik. Penilaian di Taman Kanak-kanak (TK) dilaksanakan melalui berbagai cara,
seperti penilaian hasil kerja anak melalui kumpulan hasil kerja/karya
anak(portfolio), penilaian produk, penilaian proyek dan penilaian unjuk kerja
(performance) anak didik.
Penilaian tidak hanya dilakukan di dalam kelas tetapi juga di luar kelas secara
formal dan informal, atau dilakukan secara khusus. Penilaian dilakukan secara
terpadu dengan kegiatan belajar mengajar. Data yang diperoleh guru selama
pembelajaran berlangsung dapat dijaring dan dikumpulkan melalui prosedur
dan alat penilaian yang sesuai dengan kompetensi atau hasil belajar yang akan
dinilai.
B. Manfaat Penilaian Kelas
Manfaat penilaian adalah sebagai berikut:
1. Memberikan informasi tentang tingkat pencapaian kompetensi anak yang
berkaitan dengan bidang pengembangan pembiasaan dan bidang
pengembangan kemampuan dasar.
2. Memberikan umpan balik kepada guru untuk memperbaiki program dan
kegiatan pembelajaran.
3. Sebagai bahan pertimbangan bagi guru untuk melakukan kegiatan bimbingan
terhadap perrtumbuhan dan perkembangan anak secara optimal.
4. Sebagai bahan pertimbangan bagi guru untuk menempatkan anak dalam
kegiatan yang sesuai dengan minat dan kebutuhannya.
4. Memberikan informasi kepada orang tua tentang pertumbuhan dan
perkembangan yang telah dicapai oleh anak sebagai bentuk pertanggungjawaban
TK.
5. Sebagai informasi bagi orang tua untuk melaksanakan pendidikan keluarga
yang sesuai dan berkesinambungan dengan proses pembelajaran di TK.
6. Sebagai bahan masukan bagi berbagai pihak dalam rangka pembinaan
selanjutnya terhadap anak didik.
7. Menemukan kesulitan belajar dan kemungkinan prestasi yang bisa
dikembangkan anak.
Draf Model Penilaian TK. Bahan Uji Coba.Sept 2006 5
8. Sebagai alat untuk mendiagnosis dan menentukan perlakuan (treatment)
yang sesuai untuk anak, serta membantu guru menentukan apakah
seseorang perlu mengikuti remedial atau pengayaan.
C. Prinsip-prinsip Penilaian Kelas
1. Sistematis
Penilaian dilakukan secara teratur dan terprogram dengan baik, dan
dilakukan secara terpadu antara kegiatan belajar mengajar dan penilaian.
2. Menyeluruh
Penilaian harus dilakukan secara menyeluruh mencakup semua aspek
perkembangan anak baik moral dan nilai-nilai agama, sosial emosional,
kemandirian, kognitif, fisik/motorik, bahasa, dan seni. Penilaian harus
menggunakan beragam cara dan alat untuk menilai beragam kompetensi
anak, sehingga tergambar profil kompetensi anak
3. Berkesinambungan
Penilaian dilakukan secara terencana, bertahap dan terus menerus untuk
memperoleh gambaran tentang pertumbuhan dan perkembangan anak didik
dalam kurun waktu tertentu.
4. Obyektif
Penilaian dilakukan terhadap semua aspek perkembangan sebagaimana
adanya, harus bersifat adil, dan harus mempertimbangkan berbagai
kebutuhan khusus anak.
5. Mendidik
Proses dan hasil penilaian dapat dijadikan dasar untuk memotivasi,
mengembangkan dan membina anakagar tumbuh dan berkembang secara
optimal.
6. Kebermaknaan
Hasil penilaian harus mempunyai arti dan bermanfaat bagi guru, orang tua,
anak didik, dan pihak lain.
D. Rambu-Rambu Penilaian Kelas
Dalam melaksanakan penilaian, guru sebaiknya:
• Memandang penilaian dan kegiatan belajar-mengajar secara terpadu.
• Mengembangkan strategi yang mendorong dan memperkuat penilaian
sebagai cermin diri.
• Melakukan berbagai strategi penilaian di dalam program pengajaran untuk
menyediakan berbagai jenis informasi tentang hasil belajar anak.
• Mempertimbangkan berbagai kebutuhan khusus anak.
• Mengembangkan dan menyediakan sistem pencatatan yang bervariasi dalam
pengamatan kegiatan belajar anak.
• Menggunakan cara dan alat penilaian yang bervariasi. Penilaian kelas dapat
dilakukan dengan cara tertulis, lisan, produk portofolio, unjuk kerja,
proyek, dan tingkah laku.
Draf Model Penilaian TK. Bahan Uji Coba.Sept 2006 6
BAB III
TEKNIK PENILAIAN
Beragam teknik dapat dilakukan untuk mengumpulkan informasi tentang
perkembangan dan pertumbuhan anak di TK. Teknik mengumpulkan informasi
tersebut pada prinsipnya adalah cara penilaian kemajuan perkembangan dan
pertumbuhan anak berdasarkan standar kompetensi dan kompetensi dasar yang
harus dicapai. Penilaian kompetensi dasar dilakukan berdasarkan indikatorindikator
pencapaian hasil belajar yang memuat berbagai aspek perkembangan.
Indikator-indikator pada setiap kompetensi dasar merupakan acuan yang digunakan
untuk melakukan penilaian menggunakan alat dan cara penilaian serta serangkaian
prosedur.
A. Pemetaan Standar Kompetensi, Kompetensi Dasar, Indikator dan Teknik
Penilaian
Pemetaan standar kompetensi dilakukan untuk memudahkan guru dalam
menentukan teknik penilaian.
Berikut Contoh pemetaan berikut ini untuk bidang pengembangan yang ada
pada kelompok A.
Kompetensi
Dasar Hasil Belajar Indikator
Bidang
Pengemba
ngan
Teknik Penilaian
Unjuk kerja
Produk
Perilaku/
sikap
Portofolio
Anak mampu
mengucapkan
doa/lagu-lagu
keagamaan,
meniru gerakan
beribadah dan
mengikuti
aturan, serta
belajar
berperilaku baik
dan sopan bila
diingatkan.
Dapat berdoa
dan
menyanyikan
lagu-lagu
keagamaan
secara
sederhana
Berdoa sebelum dan sesudah
melaksanakan kegiatan
Moral dan
nilai-nilai
Agama,
Sosial,
Emosional
dan
Kemandiri
an
V - V -
Menyanyikan lagu-lagu keagamaan yang
sederhana
V - V -
Anak mampu
berinteraksi
mulai dapat
mengendalikan
emosinya, mulai
menunjukkan
rasa percaya diri
dan mulai dapat
menjaga diri
sendiri
Dapat mengenal
bermacammacam
agama
Menyebutkan tempat-tempat ibadah V - - -
Menyebutkan hari-hari besar agama V - - -
Mengenal
ibadah secara
sederhana
menurut
keyakinannya
Meniru kegiatan ibadah secara sederhana V - V -
Menyebutkan waktu beribadah V - - -
Draf Model Penilaian TK. Bahan Uji Coba.Sept 2006 7
Kompetensi
Dasar Hasil Belajar Indikator
Bidang
Pengemba
ngan
Teknik Penilaian
Unjuk kerja
Produk
Perilaku/
sikap
Portofolio
Mengenal dan
menyayangi
ciptaan Tuhan
Menyebutkan ciptaan-ciptaan Tuhan.
Misal: manusia, bumi, langit, tananam,
hewan, dll.
V - -
Memiliki sopan
santun
Tidak mengganggu teman yang sedang
melakukan kegiatan/ melaksanakan
ibadah
- -
Meminta tolong dengan baik - -
Mengucapkan salam - - -
Selalu bersikap ramah - - -
Berbahasa
Anak dapat
berkomunikasi
secara lisan,
memiliki
perbendaharaan
kata dan
mengenal
simbol-simbol.
Dapat
mendengarkan
dan
membedakan
bunyi/suara dan
mengucapkanny
a
Menyebutkan berbagai bunyi/suara
tertentu V
Menirukan kembali 3-4 urutan kata V
Menyebutkan kata-kata yang mempunyai
suku kata awal yang sama. Misal kakikali
atau suku kata akhir yang sama.
Misalnya: nama-sama, dll.
V - V
Dapat
mendengarkan
dan memahami
kalimat
sederhana
Melakukan 2-3 perintah secara sederhana V -
Mendengarkan cerita dan menceritakan
kembali isi cerita secara sederhana
V -
Dapat
berkomunikasi/
berbicara
secara lisan
Menyebutkan nama diri, nama orang tua,
jenis kelamin, alamat rumah secara
sederhana
V -
Menceritakan pengalaman/kejadian
secara sederhana
V - -
Menjawab pertanyaan tentang
keterangan/ informasi secara sederhana
V - - -
Memperkaya
kosa kata yang
diperlukan
untuk
berkomunikasi
sehari-hari
meliputi kata
benda, kata
kerja, kata
sifat, kata
keterangan
waktu
Bercerita menggunakan kata ganti aku,
saya.
- - -
Menunjukkan gerakan-gerakan, misalnya:
duduk, jongkok, berlari, makan,
melompat, menangis, senang, sedih, dll.
V - - -
Menyebutkan posisi/keterangan tempat.
Misal: di luar, di dalam, di atas, di bawah,
di depan, di belakang, di kiri, di kanan,
dsb.
V - - -
Menyebutkan waktu (pagi, siang, malam) V - - -
Dapat mengenal
bentuk-bentuk
simbol
sederhana (pra
menulis)
Membuat berbagai macam coretan V - - V
Membuat gambar dan coretan (tulisan)
tentang cerita mengenai gambar yang
dibuatnya
- V - V
Dapat
menceritakan
gambar (pra
membaca)
Bercerita tentang gambar yang
disediakan atau yang dibuat sendiri V - - V
Mengurutkan dan menceritakan isi gambar
seri sederhana (3-4 gambar) V - - -
Menghubungkan gambar/ benda dengan
kata V - - -
Draf Model Penilaian TK. Bahan Uji Coba.Sept 2006 8
Kompetensi
Dasar Hasil Belajar Indikator
Bidang
Pengemba
ngan
Teknik Penilaian
Unjuk kerja
Produk
Perilaku/
sikap
Portofolio
Mengenal bahwa
ada hubungan
antara bahasa
lisan dengan
tulisan (pra
membaca)
Membaca gambar yang memiliki
kata/kalimat sederhana V - - V
Menceritakan isi buku walaupun tidak
sama tulisan dengan yang diungkapkan V - - V
Menghubungkan tulisan sederhana dengan
simbol yang melambangkannya V V - V
Anak mampu
mengenal dan
memahami
berbagai konsep
sederhana dalam
kehidupan
sehari-hari.
Anak dapat
mengenali
benda di
sekitarnya
menurut
bentuk, jenis
dan ukuran
Mengelompokkan benda dengan berbagai
cara yang diketahui anak. Misalnya:
menurut warna, bentuk, ukuran, jenis,
dll.
Kognitif V - V
Menunjuk sebanyak-banyaknya benda,
hewan, tanaman, yang mempunyai
warna, bentuk ukuran, atau menurut ciriciri
tertentu
v - V
Mengenal kasar-halus, berat-ringan,
panjang-pendek, jauh-dekat, banyak -
sedikit, sama - tidak sama
V
-
V
Memasangkan benda sesuai dengan
pasangannya V V
Anak dapat
mengenal
konsep-konsep
IPA sederhana
Mencoba dan menceritakan apa yang
terjadi jika: warna dicampur, proses
pertumbuhan tanaman (biji-bijian,
umbi-umbian, batang-batangan), balon
ditiup lalu dilepaskan, benda-benda
dimasukkan ke dalam air (terapung,
melayang, tenggelam), benda-benda
yang dijatuhkan (gravitasi), percobaan
dengan magnit, mengamati dengan kaca
pembesar, mencoba dan membedakan
bermacam-macam rasa, bau dan suara
V V
Anak dapat
mengenal
bilangan
Membilang/menyebut urutan bilangan
dari 1 sampai 10 V
Membilang dengan menunjuk benda
(mengenal konsep bilangan dengan
benda-benda) sampai 5
V V
Menunjukkan urutan jumlah benda V
Menghubungkan / memasangkan lambang
bilangan dengan benda-benda sampai 5
(anak tidak disuruh menulis)
V
Menunjuk 2 kumpulan benda yang sama
jumlahnya, yang tidak sama, lebih banyak
dan lebih sedikit
V
Menyebutkan kembali benda-benda yang
baru dilihatnya V
Anak dapat
mengenal
bentuk
geometri
Menyebut dan menunjukkan bentukbentuk
geometri V
Mengelompokkan bentuk-bentuk geometri
(lingkaran, segitiga, segiempat) V V
Menyebutkan dan menunjuk benda-benda
yang berbentuk geometri V
Anak dapat
memecahkan
masalah
sederhana
Mengerjakan “maze” (mencari jejak)
yang sederhana V V
Menyusun kepingan puzzel menjadi
bentuk utuh (4 – 6 keeping) V V
Anak dapat
mengenal
ukuran
Mengukur panjang misal: dengan langkah,
jengkal dan penggaris V
Menimbang benda dengan timbangan
buatan V
Mengisi wadah dengan air, pasir, bijibijian,
beras, dll. V
Draf Model Penilaian TK. Bahan Uji Coba.Sept 2006 9
Kompetensi
Dasar Hasil

Tidak ada komentar:

Posting Komentar